Prabowo Subianto Harus Menempatkan Orang Yang Tepat Sebagai Menteri Pertanian Agar Masa Depan Petani Semakin Mapan

0
8

Pertanian menjadi sektor penting dalam kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Ketahanan pangan saat ini menjadi hal yang perlu diperhatikan karena pertumbuhan populasi dan permintaan pangan yang terus mengalami peningkatan.

Namun, meningkatnya kebutuhan pangan tidak diimbangi dengan pertumbuhan produksi maupun luas tanam bisa menjadi ancaman krisis pangan.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia (disingkat Kementan RI) adalah salah satu Kementerian di Indonesia yang membidangi urusan pertanian, perkebunan dan peternakan.

Lembaga Kementerian Pertanian Republik Indonesia dipimpin oleh seorang Menteri Pertanian yang menentukan dan menjalankan kebijakan strategis serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk memajukan kualitas dan kuantitas pertanian di Indonesia.

Selain itu Kementerian Pertanian mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang pertanian dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Dikutip dari berbagai sumber dalam melaksanakan tugas, Kementerian Pertanian menjalankan fungsi:

1. Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang pertanian
2. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Pertanian
3. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Pertanian
4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian Pertanian di daerah
5. Pelaksanaan kegiatan teknis yang berskala nasional

Transisi pemerintahan dari Presiden Joko Widodo kepada Prabowo Subianto sangat menentukan arah perjalanan bangsa dan Negara Indonesia.

Oleh sebab itu khusus posisi Menteri Pertanian sudah seharusnya diduduki oleh pejabat yang memang memahami dan mengerti kondisi pertanian dari hulu sampai ke hilir agar dalam menjalankan tugasnya bisa memberikan keputusan dan kebijakan objektif yang berorientasi kepada majunya pertanian di Indonesia.

Kami selaku organisasi yang fokus terhadap dunia pertanian meminta secara terhormat kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto agar memilih sosok yang tepat dalam menduduki posisi Menteri pertanian, harapannya adalah pejabat terpilih memiliki keinginan hati yang kuat dalam memberikan cahaya kemajuan kepada semua pelaku pertanian terutama petani yang berjuang diatas ladang dan sawah demi bisa menyambung hidup sehari hari.

Masyarakat berharap agar semua masalah pertanian yang sering dialami terutama Pupuk, Harga, dan permasalahan impor bisa diatur dengan bijaksana agar petani bisa hidup damai, tenteram dan sejahtera, mengingat saat ini kondisi generasi muda semakin hari semakin menjauhi dunia pertanian karena dianggap tidak memiliki masa depan yang cerah

Penulis

Agus Parwoto
Ketua Umum Dewan Perwakilan Petani Noesantara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here